M.A.S.K. (1985 – 1986)

Sebagai seorang anak di tahun 80’an, salah satu acara TV favorit saya waktu itu adalah serial animasi M.A.S.K., yang diproduksi oleh Kenner dan disiarkan selama dua musim dari tahun 1985 hingga 1986.

Hal yang paling menarik dari M.A.S.K. buat saya waktu itu adalah kemampuan transformasi kendaraan para tokoh di serial ini. Pada saat itu, serial animasi Transformers sudah berlangsung selama dua musim, sejak tahun 1984. Dan seperti semua anak-anak SD di tahun 80’an,tidak ada yang tidak suka Transformers.

But since a kid, I have always been rather critical (if not cynical). Transformasi kendaraan menjadi robot sentient di Transformers agak terlalu fantastis, di mana kemampuan kendaraan di M.A.S.K. yang berubah menjadi kendaraan tipe lain dengan seabrek senjata, saat itu terlihat lebih menarik. Lalu di M.A.S.K., manusia adalah para tokoh utamanya, yang berperan penting dalam mengoperasikan kendaraan tempur mereka, serta helm (mask) khusus untuk tiap karakter yang memberikan mereka kemampuan tempur. Saat episode pertama M.A.S.K. ditayangkan, I became a convert.

 

Diproduksi oleh sebuah perusahaan mainan, tidak ayal para karakter di serial ini muncul dalam bentuk action figure di toko-toko mainan di kota-kote besar. Anak kecil mana yang tidak ingin memiliki mainan yang berdasarkan karakter serial kartun favorit mereka. So, like every sane kids back then, I whined to my parents to buy me these action figures.

Mainan seperti ini tidak pernah murah. Kenner, seperti juga Hasbro dan produsen mainan lainnya, tau persis cara memeras kocek orang tua. The way I,  as a parent, have also experienced it myself. Karakter-karakter utama biasanya dijual dengan harga paling tinggi dan dengan ketersediaan paling sedikit. But I managed to get one, and alongside my ThunderCats action figure, it was my favorite toy ever.

Yes, it is one of the bad guys of V.E.N.O.M., but this vehicle is the most badass of ’em all!

Belum ada kabar apakah serial ini akan dibuat film layar lebarnya, mungkin karena serial ini tidak sesukses Transformers. Dan Kenner sebagai penciptanya telah diakuisisi pada tahun 1987, dengan semua hak cipta-nya saat ini dipegang oleh Hasbro. But enough to say, menonton serial ini, bersama The Centurions dan ThunderCats adalah salah satu masa-masa terbaik yang saya alami sewaktu kecil di dekade 80’an… 🙂

Advertisements

One thought on “M.A.S.K. (1985 – 1986)

  1. Pingback: Sepeda Motor Futuristik | Codes, Colours, Chemistry

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s