Tale of The Sisters (Part 1 of 4)

They say a geek’s first love is his/her gadget. I can still remember my Nintendo Game & Watch my father bought me in 1984. Good times. Di artikel ini saya kan menceritakan tentang gawai-gawai yang paling dekat di hati (hyperbolic, I know) semenjak saya pertama kali melihat,- dan jatuh cinta-, pada mereka. This is a story about my past and present computers.

Megumi (1993 – 1998)

Vital Stats:

  • 386 DX based processor
  • 1 MB of RAM
  • no HD drive

Megumi adalah komputer pertama yang saya miliki pribadi, pemberian dari orang tua. Sebelumnya saya hanya mencoba komputer di sekolah atau rumah tetangga/saudara yang memiliki komputer. Hal yang paling saya ingat dari Megumi adalah penggunaan OS DOS 3.1 yang ter-instal pada floppy disk 5.25″. Saat disket DOS tersebut rusak (karena jamur, lembab, atau pengaruh elektromagnet), practically I cannot use her.

Piranti lunak yang paling banyak saya gunakan di Megumi antara lain, “Dark Heart of Uukrul” (Broderbound). Uukrul adalah gim PC pertama yang pernah saya mainkan di komputer pribadi. Pengalaman pertama kali memainkan franchise Civilization juga terjadi di komputer ini (gim franchise yang masih saya mainkan sampai sekarang 2 dekade kemudian). Tetapi gim yang menjadi favorit saat itu adalah gim ini, “F-117A Stealth Fighter” (Microprose). So many sleepless nights, so many neglected homeworks.



Asuka (1999 – 2001)

Vital Stats:

  • Intel Celeron 600Mhz processor
  • 32 MB of RAM
  • 3 Gigabytes of HD capacity

Finally, a computer with a hardrive :D. Asuka adalah gaming PC yang paling berkesan buat saya, karena di sini lah saya benar-benar berkenalan dengan dunia PC gim yang spektakuler. Di komputer ini pula saya pertama kali berkenalan dengan dunia kreasi digital. Dimulai dari sekedar iseng cropping (IYKWIM) di Photoshop, hingga mengenal HTML, CSS, dan ActionScript (masih versi 1 pada saat itu).

my first brush with digital art

Koleksi berkas mp3 saya di Asuka saat itu adalah sekitar 80 MB. Sangat kecil bila dibandingkan dengan koleksi saat ini yang ada pada kisaran 182 GB, atau lebih dari 2000 kali lipat.

Piranti lunak yang saya ingat sering saya gunakan dari Asuka adalah antara lain Sid Meier’s Civilization 2, Novalogic’s Commanche, Maxis’ Sim City 2000, Macromedia Dreamweaver 3, Macromedia Flash 4, dan Adobe Photoshop 5.5. Gim SimCity 2000, saking addictive-nya, saya sempat berpikir untuk masuk ke Planologi ITB. I know, tapi dulu rasanya nyambung loh…

SimCity 2000

On the next part, saya akan bercerita tentang komputer portable pertama saya dan komputer pertama yang saya beli dengan hasil keringat sendiri. Stay tuned!

One thought on “Tale of The Sisters (Part 1 of 4)

  1. Pingback: Tale Of The Sisters (Part 2 Of 4) | Codes, Colours, Chemistry

Leave a Reply

