7 Mantra Sakti Menjadi Freelancer/Entrepreneur

[Tulisan ini sebelumnya telah dimuat di ruangfreelance.com, 2010]

Oke, judulnya memang terdengar seperti salah satu bab dari buku Harry Potter atau serial komik RA. Kosasih, tapi percaya lah, judul tersebut bukan kesalahan penulisan ataupun typo. Mungkin saat ini status kamu adalah seorang mahasiswa, seorang freelancer, atau sudah menjadi seorang karyawan di sebuah perusahaan IT. Tetapi akui saja, alasan kamu sering berkunjung ke situs ini salah satunya adalah keinginan untuk memiliki usaha mandiri. Betul?

Seringkali, masalah yang sering muncul bagi orang-orang yang hendak memulai usaha sendiri adalah kurangnya motivasi, determinasi, dan visi. Well in that case, hari ini kalian beruntung sekali, karena di artikel ini saya akan membeberkan 7 mantra yang bisa kamu hapal dan dirapal setiap sebelum tidur, atau ditulis dikertas lalu dijadikan jimat. Mantra yang bisa membantu kalian yang baru mau punya niat memulai usaha, sedang memulai usaha, atau sudah muak dengan suasana di kantor sebagai seorang karyawan.

Tujuh mantra sakti mandraguna tersebut adalah :

Aim High

Jangan pernah takut memiliki cita-cita setinggi-tingginya. Pernah dengar pepatah : aim for the stars. if you fail, at least you’ll get the moon? Jadi jangan pernah takut memiliki cita-cita yang luar biasa. Cita-cita itu gratis kok. Kalau misalnya ada yang menertawakan cita-cita kamu ingin menjadi “the next Apple” atau “the new Google”, maka kasihanilah orang yang tertawa tadi karena dia tidak punya mimpi. Tanpa mimpi, hidup ini basi.

Think Big

Konversikan mimpi tadi menjadi sebuah rencana dan strategi besar. Ketahui setiap langkah yang harus diambil, setiap kemungkinan kompetisi, setiap kegagalan yang mungkin menghalangi. Buat perencanaan 1, 5, dan 10 tahun ke depan. Dari sekarang, mulailah berpikir bagaikan seorang CEO. Ketahui dari sekarang apa yang akan kamu lakukan apabila bisnis kamu menjadi besar nanti. Visualisasikan, tidak peduli sebesar apa cita-cita tersebut. Kalau membayangkannya saja tidak sanggup, apalagi meraihnya.

Start Small

Perjalanan seribu mil dimulai dengan sebuah langkah. Rasanya peribahasa tadi sangat mewakili mantra yang ketiga ini. Mulailah dari yang kecil dahulu, dari yang sanggup kamu kerjakan sekarang. Sah-sah saja bila kamu memulainya dengan membuat tutorial-tutorial, mengembangkan berbagai snippet yang bisa diunduh semua orang, merancang theme gratis untuk dibagi-bagikan. Apapun itu, mulailah dari yang kecil dan bisa langsung kamu selesaikan.

Scale Fast

Setelah kamu memulai cita-cita tersebut dengan sesuatu yang kecil, ingatlah kembali mantra pertama. Kamu memulai semua ini untuk sebuah cita-cita besar. Setiap ada peluang untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pekerjaan kamu, ambil segera. Jangan pernah ragu untuk berkembang. Dan berkembanglah secepat mungkin. Jangan mau terus-terusan kecil di saat para pesaing tumbuh besar.

Learn Hard

Belajar, belajar, belajar! Ilmu tidak pernah habis dan akan selalu ada yang baru. Belajar lah seolah-olah kamu menghadapi UAS esok harinya. Perbanyak bertanya ke kolega, aktif lah di media sosial. Jangan malu untuk kelihatan bodoh di Twitter atau Facebook. Asal dapat ilmu baru, biar saja orang menertawakan. Banyak sekali ilmu gratisan di luar sana. Setiap orang memiliki kapasitas yang sama untuk mempelajari sesuatu. Selama kamu punya niat untuk terus mencoba, suatu saat kamu juga pasti bisa. Stay hungry, stay foolish.

Work Smart

Bekerjalah secara lebih cerdas, bukan lebih keras. Bekerja cerdas adalah mengambil langkah-langkah yang lebih efisien dan efektif untuk mencapai tujuan. Pada saat usaha atau bisnis kamu mulai berkembang, kamu akan butuh banyak bantuan. Jangan paksa tubuh bekerja lebih keras, tapi paksakan gaya bekerja kamu menjadi lebih cerdas. Sekali lagi, berdayakan internet. Daripada menyewa sekretaris, selain mahal juga dapat membuat kita tidak fokus, lebih baik instal aplikasi-aplikasi penunjang produktivitas dan manajemen waktu dari internet di laptop atau smartphone kamu.

Act Now

Setelah hapal maksud dan tujuan ke enam mantra sebelumnya, percuma kalau kamu tidak mengambil tindakan. Mulai lah sekarang. Mulailah dari bermimpi, lanjutkan dengan menjabarkan mimpi tersebut menjadi sebuah rencana konkrit. Dan buatlah sesuatu. Sekarang!

Sudah selesai bacanya? Jadi, tunggu apa lagi?

Advertisements

One thought on “7 Mantra Sakti Menjadi Freelancer/Entrepreneur

  1. Oke, judulnya memang terdengar seperti salah satu bab dari buku Harry Potter atau serial komik RA. Kosasih, ta…

    Nggak Oom, malah mirip buku self help/ motivasi :))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s