Juli Ngeblog

Mungkin banyak yang sudah tahu, mungkin juga banyak yang belum, hari ini muncul sebuah pergerakan menarik di linimasa. Jujur, pada awalnya saya tidak terlalu tertarik. Tetapi setelah beberapa waktu, saya berpikir ada baiknya bagi saya untuk ikut naik ke dalam gerbong di belakang lokomotif bernama #JuliNgeblog ini.

Belakangan banyak yang menyebutkan bahwa “blogging is dead“. Bahwa peminatnya sudah menurun drastis. Saya pun penasaran; apa benar bentuk ekspresi artistik dalam bentuk penulisan blog ini sudah lewat zamannya?

Satu hal yang menarik perhatian saat saya mengamati tweet-tweet partisipasi yang bermunculan hari ini adalah masih cukup besarnya keinginan penduduk dunia maya untuk merekam pemikiran serta emosi mereka dalam bentuk bit-bit dan elektron. Apakah gerakan ini dapat terus bertahan hingga Juli berakhir, atau bahkan mungkin meningkat seiring momentum? Mungkinkah gerakan ini dapat mendorong kurva minat pada menulis blog kembali pada nilai positif sumbu Y Cartesian?

Secara pribadi, saya juga merasa ada banyak hal yang ingin saya tuliskan. Ada banyak gaya penulisan yang ingin saya coba. Puluhan topik yang ingin saya telusuri, ribuan dunia yang ingin saya jelajahi menggunakan kata-kata. Dan sering kali motivasi dari luar dapat menjadi pemicu yang efektif. Saat kesempatan mengetuk, jangan tunggu sampai ia mengetuk dua kali.

“Ikatlah Ilmu dengan Menuliskannya” ~Sayyidina Ali bin Abi Thalib r.a.

Sebagai artikel pembuka, saya ingin artikel ini juga menjadi persiapan menempuh 30 hari lainnya ke depan. Hari-hari yang tidak dapat dipungkiri akan dipenuhi dahaga menunggu adzan maghrib dan dahaga inspirasi menulis. Butuh lebih dari sekedar keinginan dan motivasi eksternal untuk sukses menyelesaikan gerakan #JuliNgeblog, tanpa mengusik pekerjaan harian dan ibadah shaum. Jadi berikut adalah daftar (sekaligus pengingat pribadi) topik-topik yang kemungkinan besar akan saya coba tuliskan dalam bentuk artikel blog selama bulan Juli 2013 ini:

  1. Javascript
  2. NoSQL
  3. Python
  4. Informatika Kesehatan
  5. Bioinformatika
  6. Musik
  7. Film
  8. Televisi
  9. Budaya Pop
  10. Sains Populer
  11. Sejarah
  12. Keagamaan
  13. Fiksi
  14. Fiksi sains
  15. Fiksi sejarah
  16. Lain-lain

Kebanyakan topik di atas adalah topik-topik yang biasa saya bahas di beberapa blog saya selama ini. Tetapi ada beberapa topik yang jarang saya eksplorasi dan ingin saya coba perbanyak kuantitas serta kualitasnya. Semoga saja gerakan ini dapat membantu seluruh partisipannya untuk menulis lebih baik dan lebih banyak lagi.

So, let’s do this!

One thought on “Juli Ngeblog

  1. Pingback: Week 1 Recap #JuliNgeblog | Codes, Colours, Chemistry

Leave a Reply

