Semestinya

Tidak ada yang pernah memberi tahuku bahwa cinta bisa sepedih ini.

Atau mungkin aku yang egois, berharap engkau merubah sikap.  Aku dulu mencintaimu karena dirimu, tapi kini aku mencoba untuk mencintaimu lagi karena engkau bukan dirimu yang aku harapkan. Ya, mungkin ini salahku.

Melati, ingatkah kamu saat aku menunggu di luar ruang kelasmu? Di bawah hujan, menatapmu. Peluhku larut dalam hujan. Aku menunggumu, ingin mengungkapkan bahwa aku menyesal atas pertengkaran semalam.

Tapi aku begitu bodoh. Aku hanya diam saat kamu melangkah di depanku. Begitu berat kata “maaf” terlafal oleh bibir kelu ini. Mengapa aku harus marah saat engkau sirna dari pandangan tanpa memedulikan aku yang semakin basah oleh hujan. Hujan yang menyamarkan air mata.

Aku tahu aku tidak sesempurna dia. Dia yang dulu engkau panggil namanya dengan penuh rasa sayang. Aku tahu aku dulu hanya pelampiasanmu saat ia menyingkirkanmu ke sisi hatinya yang dingin. Aku tahu dulu aku hanya seorang oportunis yang memanfatkan jiwamu yang kering dan membawamu tenggelam ke pelukanku.

Tapi, Melati, aku ingin kamu tahu bahwa cinta ini, kini sejati. Aku ingin kamu tahu bahwa hati ini merana saat kau katakan padaku bahwa dirinya masih mengisi salah satu ruang di hatimu. Sedikit dari diriku mati saat itu.

Aku ingin kamu tahu, aku rela menunggu 1000 tahun, hingga namanya sirna. Hingga hanya ada kita di relung-relung bening jiwa.

Aku cuma ingin meminta maaf atas segala pertengkaran yang terjadi. Atas semua perbedaan yang menghalangi langkah-langkah kita. Aku ingin selamanya menjadi milikmu.

Satu hati. Kita. Semestinya.

A “fiction” inspired by Dewa 19’s “Satu Hati (Kita Semestinya)”, from the album “Terbaik Terbaik” (1995).

2 thoughts on “Semestinya

  1. Pingback: Week 4 Recap #JuliNgeblog | Codes, Colours, Chemistry

  2. Pingback: Semestinya | Prosa Nebula

Leave a Reply

