Internet Gudang Ilmu

Buat apa internet cepat? Untuk mempermudah kita dalam proses menuntut ilmu di internet, demi pengembangan diri berkala dan kontinyu. Tsaaah…

Tidak, saya tidak akan membicarakan pendapat Menteri yang dicintai seluruh penghuni linimasa tersebut. Di sini saya akan membicarakan manfaat internet untuk mempelajari berbagai ilmu mutakhir, tanpa mengeluarkan biaya*.

Tadi pagi saya berdiskusi dengan beberapa teman di linimasa yang pernah menggunakan Coursera, sebuah situs belajar jarak jauh cuma-cuma di internet. Dan dari penuturan mereka yang pernah mengambil kursus di sana, materi-materi kursus yang tersedia di Coursera cukup mengagumkan. Begitu maju materi yang ditawarkannya, beberapa bahkan saya rasa tidak tersedia di mayoritas universitas-universitas ternama negeri ini. Dan ini semua bisa diakses cuma-cuma.

Screen shot 2014-05-22 at 12.28.46 PM

Singkat kata saya, mengambil sebuah kursus di Coursera. Durasinya selama 5 minggu, dimulai awal Juni nanti, dan topiknya adalah bioinformatika. Bioinformatika adalah sebuah disiplin ilmu yang sudah lama sangat ingin saya pelajari. Materi kursus ini dibuat dan dihantarkan oleh tim bioinformatika Johns Hopkins University, salah satu universitas terbaik di dunia untuk bidang kesehatan. Terus terang saya benar-benar bersemangat untuk memulai. Semoga antusiasme ini bertahan, karena dari yang saya dengar, akan ada tugas-tugas layaknya perkuliahan**.

Ada banyak sekali kursus yang dapat diambil di Coursera, dan semuanya gratis tanpa biaya. Materi dibuat oleh universitas-universitas besar dunia, mulai dari Johns Hopkins hingga Stanford. Silabusnya berdasarkan perkembangan sains dan teknologi terbaru. Sebuah kemewahan bila dibanding kualitas pendidikan kita. Dan bila berminat, kita bahkan mendapat kesempatan untuk memiliki sertifikat kelulusan. Sertifikat ini satu-satunya komponen berbayar di Coursera***, dan diakui di beberapa lembaga pendidikan internasional.

Screen shot 2014-05-22 at 12.26.43 PM

Sebuah program edukasi jarak jauh cuma-cuma yang saya rasa juga sangat membantu adalah MIT OpenCourseWare. Sesuai namanya, program ini diadakan oleh Massachusetts Institute of Technology . Di situs ini, MIT menyimpan, mengelola, dan menyediakan semua materi perkuliahan yang diajarkan di kampus ternama tersebut. Sebuah harta karun yang tidak ternilai, menurut saya.

Screen shot 2014-05-22 at 12.32.23 PM

Sebelum Coursera, saya aktif belajar di sebuah situs pembelajaran bahasa-bahasa dunia, Duolingo. Saya mengambil tiga kursus, bahasa Prancis, Portugis, dan Jerman. Tetapi untuk saat ini saya hanya aktif di kursus bahasa Prancis saja, agar lebih fokus dan tidak tertukar kosa kata dari masing-masing bahasa.

Duolingo memiliki konsep yang sangat unik, belajar bahasa asing sambil menerjemahkan internet. Bagaimana cara kerjanya? Jawabannya ada di video berikut.

Duolingo memiliki metode penyajian materi yang sangat menyenangkan dan mudah dimengerti. Ini membuat proses pembelajaran menjadi menarik, sesuatu yang menurut saya pribadi jarang ditemui di kelas-kelas pembelajaran bahasa asing.

Sejauh ini saya telah mengambil kursus bahasa Prancis di Duolingo selama sekitar 6 bulan, dengan waktu rata-rata sekitar 2 jam per minggu. Memang, tidak terlalu rajin. Terkadang saya melewati 2-3 minggu tanpa membuka Duolingo sama sekali. Tetapi ia memantau perkembangan kita dengan cara memberi tanda penurunan penguasaan pada topik-topik tertentu, akibat kita sudah lama tidak melatihnya. Tingkat penguasaan akan kembali ke ukuran normal bila kita mengulang topik tersebut.

Saat ini saya baru ada di level 7, dengan penguasaan 180 kata bahasa Prancis, serta telah melewati topik-topik seperti possessives, adjectives, être/avoir, dan istilah-istilah umum sehari-hari dalam langue française.

Screen shot 2014-05-22 at 12.37.34 PM

Selain situs-situs belajar tadi, internet juga dipenuhi oleh situs-situs tanya jawab yang fungsinya spesifik untuk menampung pertanyaan kita dan jawaban akan disediakan oleh komunitas. Contoh yang paling populer adalah Quora dan StackOverflow.

 

Okay, memang semua situs yang saya sebutkan tadi menggunakan bahasa Inggris. Menurut saya pribadi, penguasaan bahasa ini mutlak dibutuhkan. Sisihkan waktu untuk menguasainya bila belum. Kamu tidak akan menyesal.

Singkat kata, internet menyediakan banyak sekali ilmu, pengetahuan sains & teknologi mutakhir, menunggu kita untuk memanfaatkan dan menguasainya. Dan semua dapat diperoleh secara cuma-cuma. Selamat belajar!

 

NB. Apakah kamu mengetahui situs-situs belajar cuma-cuma lainnya? Silakan berbagi informasinya di bagian komentar ya. Terima kasih.

 

*Ya setidaknya biaya untuk koneksi internet, atau nongkrong di kafe yang menyediakan wifi.
**I never liked homeworks
***Yang saya tahu

Advertisements

8 thoughts on “Internet Gudang Ilmu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s