Aplikasi-aplikasi Untuk Meningkatkan Produktivitas

Ada banyak sekali aplikasi digital di internet yang dapat membantu kita melakukan pekerjaan secara lebih efektif dan efisien. Tetapi banyaknya pilihan ini dapat menjadi pisau bermata dua. Terkadang kita kebingungan saat mencari aplikasi yang cocok dengan kebutuhan.

Berikut adalah beberapa aplikasi yang selalu saya gunakan dan rasakan sangat bermanfaat. Semoga membantu dalam mencari atau menentukan aplikasi yang dapat digunakan dalam pekerjaan atau kehidupan sehari-hari.

1. Evernote

Tipe: Pengelolaan Informasi
Ketersediaan: desktop & mobile

Sangat membantu bila kamu sering menyimpan banyak catatan kecil. Daripada menyimpannya dalam berkas-berkas terpisah, dengan Evernote semua catatan akan diatur dalam sebuah sistem yang teratur dan mudah ditelusuri.

2. Pocket

Tipe: Pengelolaan Informasi
Ketersediaan: web & mobile

Sering kali kita menemukan tautan ke sebuah halaman web yang isinya sangat menarik tetapi kita tidak punya waktu untuk membacanya. Gunakan Pocket, simpan semua tautan tersebut dalam satu tempat yang mudah diakses dari berbagai perangkat.

3. Gist

Screen shot 2014-10-27 at 4.21.02 PM

Tipe: Pengelolaan Informasi
Ketersediaan: web

Sangat berguna bagi pemrogram yang ingin menyimpan baris-baris kodenya daring. Dapat digunakan sebagai catatan pribadi atau untuk dibagikan ke pemrogram lain.

4. IFTTT

Screen shot 2014-10-27 at 4.22.41 PM

Tipe: Pengelolaan Informasi
Ketersediaan: web

IFTT memerlukan sedikit kreativitas dalam penggunaannya. Tapi kita juga dapat menggunakan “resep-resep” yang telah dibuat oleh pengguna IFTTT lain. IFTTT pada dasarnya menggabungkan API dari aplikasi daring yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Sebagai contoh, salah satu resep yang saya gunakan adalah pengaturan agar IFTTT mengirimkan tautan ke email setiap Pitchfork menerbitkan artikel “album of the month”.

5. Google Drive

Screen shot 2014-10-27 at 4.25.38 PM

Tipe: Penyimpanan Informasi
Ketersediaan: web & mobile

Semua orang membutuhkan aplikasi pengolah kata dan lembatang sebar (spreadsheet). Google Drive menyediakan aplikasi-aplikasi ini secara cuma-cuma. Dan berkas secara otomatis tersimpan di awan sehingga dapat diakses di mana pun, kapan pun.

6. Dropbox

Screen shot 2014-10-27 at 4.33.05 PM

Tipe: Penyimpanan Informasi
Ketersediaan: web & mobile

Semua orang butuh wadah penyimpanan berkas. Dropbox memberikannya secara cuma-cuma. Dan kita dapat dengan mudah membagikan berkas-berkas tersebut ke teman/kolega karena semua data tersedia daring.

7. Any.do

Tipe: Pengingat
Ketersediaan: mobile

Dari semua aplikasi pengingat yang pernah saya gunakan, Any.do adalah yang paling elegan. Dilengkapi dengan pengingat harian dan kata-kata motivasi, Any.do sangat layak dicoba.

8. Google Keep

Tipe: Pengingat
Ketersediaan: mobile

Aplikasi yang dapat menyimpan informasi (gambar, teks, daftar, suara) akan selalu berguna. Untuk para pengguna Android, saya sangat menyarankan untuk menggunakan Google Keep.

Alternatif: Wunderlist

9. Mindmup

Screen shot 2014-10-27 at 4.42.47 PM

Tipe: Perencanaan
Ketersediaan: web

Mindmapping adalah sebuah metode untuk memvisualisasikan gagasan. Aplikasi mindmapping bernama Mindmup ini akan sangat membantu dalam proses konseptualisasi gagasan-gagasan yang rumit. Berkas mindmap yang telah kita buat dapat disimpan secara lokal maupun di Google Drive, sehingga dapat dengan mudah diakses.

10. Trello

Ketersediaan: web & mobile
Tipe: Perencanaan

Bagi para pengembang perangkat lunak yang terbiasa dengan metode Scrum, Trello akan langsung terasa familiar. Bagi non-pengembang maupun orang awam, aplikasi yang intuitif ini juga akan langsung terasa kegunaannya.

11. Momentum

Screen shot 2014-10-27 at 4.46.13 PM

Tipe: Perencanaan
Ketersediaan: peramban (Chrome)

Satu kata: inspiratif. Buat para pengguna peramban Google Chrome, ekstensi ini wajib dicoba.

12. Slid.es

Screen shot 2014-10-27 at 4.48.15 PM

Ketersediaan: web
Tipe: Visualisasi

Bila aplikasi pengolah kata dan lembatang sebar telah disediakan oleh Google Drive, maka aplikasi presentasi disediakan dengan indah oleh Slid.es. Dengan fasilitas tidak kalah (bahkan lebih baik di beberapa fitur) dari merek aplikasi presentasi berbayar, Slid.es adalah pilihan yang harus dicoba.

13. Gliffy

Screen shot 2014-10-27 at 4.49.03 PM

Ketersediaan: web
Tipe: Visualisasi

Sangat berguna bagi para pekerja digital yang membutuhkan aplikasi pembuat bagan atau rancangan teknis. Tersedia dalam paket berbayar, namun harganya relatif murah dan sebanding dengan kegunaannya.

14. Slack

Screen shot 2014-10-27 at 5.00.57 PM

Tipe: Kolaborasi
Ketersediaan: web & mobile

Menggabungkan fitur komunikasi dan notifikasi, Slack adalah aplikasi yang sangat membantu proses kolaborasi di dalam sebuah tim. Apalagi bila anggota-anggota tim tersebar di berbagai tempat. Saya pribadi sangat suka dengan fitur integrasinya di mana saya dapat menghubungkan Slack dengan aplikasi-aplikasi lain yang juga saya biasa gunakan; seperti BitBucket, Trello, dan Google Drive. Untuk para pekerja digital yang bekerja dalam tim, Slack wajib dicoba.

15. Bitbucket

Screen shot 2014-10-27 at 4.59.24 PM

Ketersediaan: desktop, web, konsol
Tipe: Kolaborasi

Sistem Pengaturan Revisi adalah sistem yang krusial bagi tim-tim pengembang aplikasi. Kelebihan BitBucket dibanding alternatifnya adalah ketersediaan versi privat yang gratis. Aplikasi ini juga dapat digunakan oleh para penulis dan editor yang berkolaborasi dalam pekerjaannya.

Alternatif: Github

16. Skype

Screen shot 2014-10-27 at 5.21.18 PM

Ketersediaan: desktop & mobile
Tipe: Komunikasi

Komunikasi adalah tipe aplikasi yang pasti ada perangkat mobile semua orang. Tetapi hanya beberapa aplikasi komunikasi yang juga tersedia dalam versi desktop. Pilihan komunikasi teks, suara, dan video, membuat Skype memiliki kelebihan dibanding aplikasi komunikasi lain dalam aspek peningkatan produktivitas.

Alternatif: Line

Bonus:
17. Hemingway

Screen shot 2014-10-27 at 5.04.45 PM

Ketersediaan: desktop, web
Tipe: Penyuntingan

Aplikasi ini sangat membantu para penulis yang hendak memeriksa struktur dan kualitas tulisannya. Ditujukan untuk tulisan dalam Bahasa Inggris, tetapi tulisan ber-Bahasa Indonesia juga masih dapat menggunakan beberapa fasilitasnya.

Demikian, 17 aplikasi daring yang biasa saya gunakan sehari-hari dan banyak membantu pekerjaan. Semoga membantu.

Advertisements

5 thoughts on “Aplikasi-aplikasi Untuk Meningkatkan Produktivitas

    • IFTTT itu untuk menghubungkan satu aplikasi dengan aplikasi lainnya. Setiap hubungan antar aplikasi dinamakan “recipe” (resep). Contohnya, recipe untuk merangkum artikel tentang musik dari RollingStones.com dan mengemailkannya ke saya tiap akhir pekan. Atau recipe untuk men-tweet setiap saya meng-klik favorit pada sebuah lagu di Last.fm. Dan lain sebagainya. Kita bisa membuat recipe sendiri atau menggunakan yang sudah dibuat orang lain. Kita tinggal menyesuaikan dengan akun-akun kita pada recipe dari orang lain tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s