“IQ?”

“Elo tu ngerti nggak sih? Sudah jelas kalau A itu ya pasti berasal dari X!”
“Haha… elo yang kagak ngerti. Yang namanya A belum tentu dari X. IQ?

“IQ?”

Ini adalah salah satu bentuk tulisan paling menjijikan yang bisa ditulis seorang manusia kepada manusia lain. Sebuah kalimat singkat yang, sayangnya, sering kali kita lihat dalam berbagai perdebatan daring. Terus terang di mata saya, orang-orang yang menggunakan argumentum ad hominem dalam perdebatan, langsung kehilangan satu poin respek. Apalagi yang semerendahkan ini.

Graham's Hierarchy of Disagreement

Graham’s Hierarchy of Disagreement

Pola pendidikan dan asuhan bangsa kita memang sayangnya belum menghargai perdebatan. Semua serba satu arah, baik itu dari orang tua maupun guru. Akibatnya banyak dari kita tidak memiliki kemampuan berdebat yang baik. Perbedaan pendapat ditanggapi bagaikan serangan kepada pribadi; bukannya pada ide yang kita pertahankan. Dan sering kali kita menanggapinya dengan menyerang pribadi lawan debat.

Ini sama sekali tidak sehat. Kebiasaan berdebat yang membawa-bawa pribadi seperti ini lah yang menyebabkan bangsa kita masih sering ditimpa musibah kemanusiaan. Perselisihan diselesaikan secara fisik karena akal sehat berhenti digunakan.

Coba bayangkan bila kalimat tersebut diucapkan pada perdebatan verbal/langsung, bukan daring. Akan sangat mudah memancing amarah bukan? Memang, internet memberikan rasa aman karena lawan bicara jauh dari lokasi kita berada. Everyone is brave online.

Jadi lain waktu, bila IQ anda belum mencapai 250, hentikan menggunakan kalimat seperti judul artikel ini pada lawan debat. You are only humiliating yourself.

Advertisements

2 thoughts on ““IQ?”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s