Resolusi 2015

Saat 2014 mendekati akhir, saya untuk pertama kalinya dalam hidup membuat resolusi akhir tahun.

Berikut adalah poin-poin resolusi untuk tahun 2015 tersebut:

 

The Year When I Routinely Read More

Less internet, more books. Film, musik, dan buku selalu menjadi pelarian saya. Tetapi beberapa tahun terakhir, buku semakin surut dalam prioritas. Untuk 2015, saya memutuskan untuk mendedikasikan beberapa jam dalam satu hari khusus untuk membaca. Minimal 2 bab per hari, dengan target 4 bab per hari.

Saya selama ini selalu lebih tertarik kepada judul-judul non-fiksi*. Tahun ini saya memutuskan untuk mencoba lebih menghargai judul-judul fiksi. Terutama karya para sastrawan dan pujangga nasional. Hasilnya, di bulan Januari ini saya sudah menyelesaikan 2 buku, “Burung-burung Rantau” karya Y.B. Mangunwijaya dan “Klub Solidaritas Suami Hilang”, kumpulan cerpen terbaik koran Kompas selama 2013. Dan saat ini sedang berada di tengah-tengah** buku “Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas” dari Eka Kurniawan.

*Sedang mengincar buku terbaru Michio Kaku “Physics of The Future” & “The Future of The Mind“.

**Update: bukunya sudah selesai saya baca. Dan betapa mengagumkan!

 

The Year When I Live More Healthily

Saya sudah berhenti merokok selama sekitar 2 bulan, sejak November tahun lalu. Dan rasanya juga telah menghindari kopi (kafein) dalam jangka waktu yang sama. Memang masih jauh dibanding rekor sebelumnya, yaitu 9 bulan tanpa rokok. Tetapi tahun ini akan berbeda.

Sejak akhir tahun lalu, saya dan istri rutin berenang. Beberapa minggu terakhir frekuensinya adalah dua kali seminggu. Saya juga mencoba membiasakan berjalan kemana-mana. Dibantu perhitungan dari aplikasi di ponsel, mencoba untuk minimal berjalan 2000 langkah (dengan target 4000 langkah/hari).

Tiga musuh utama kesehatan yang tersedia begitu banyak dalam makanan modern: gula, garam, & minyak. Sudah cukup lama saya menghindari minuman manis, terutama soft drink bersoda. Cukup air mineral sebagai pemuas dahaga. Tapi masih sulit untuk menghindari penganan dengan karbohidrat tinggi. Dan sebagai pria berdarah Minang, saya belum tahu apakah suatu saat sanggup menghilangkan garam dan minyak dari makanan sehari-hari. But I’m going to try nonetheless.

 

L’année Où Je Parle Français

Di tahun-tahun sebelumnya, saya selalu ingin mempelajari bahasa pemrograman baru. Tidak demikian di tahun 2015. Dengan PHP, JavaScript, sedikit Python dan R, saya rasa kebutuhan penguasaan bahasa pemrograman saya tercukupi untuk beberapa waktu ke depan.

Tahun ini rasanya ingin kembali mendalami bahasa asing, terutama Bahasa Perancis. Terus terang, bahasa ini sudah lama saya pelajari. Buku-buku “belajar sendiri” yang ada di rak buku sejak zaman SMA masih ada hingga sekarang. Tetapi proses belajar selama ini tidak diiringi keseriusan, kontinuitas, dan metode.

Sejak menggunakan Duolingo, ketiga faktor tersebut akhirnya hadir dalam proses belajar. Saya juga kini membiasakan diri membaca berita-berita dari Le Monde. Di rumah membenamkan diri dalam suasana percakapan Bahasa Perancis dengan menyaksikan acara-acara di TV5. Saat ini penguasaan membaca sudah mencapai 55%. Bila semuanya lancar, saya percaya diri memiliki penguasaan Bahasa Perancis yang cukup di pertengahan tahun.

Siapa tahu masih ada waktu sebelum 2016 untuk melanjutkan mempelajari Bahasa Spanyol. 🙂

 

The Year When I Pursue My Dream

Resolusi nomer 2 berhubungan erat dengan resolusi utama tahun ini. Tahun ini saya mengejar angan untuk menjadi seorang penulis terpublikasi (published author).

Semenjak kecil, saya selalu senang menciptakan sesuatu dari ketiadaan. Menulis adalah salah satu di antaranya.

Di masa remaja saya banyak menghabiskan waktu menulis puisi. Puisi berbahan-bakar fluktuasi metabolisme pubertas. Kebiasaan tersebut berlanjut hingga kini. Tentu saja dengan bahan-bakar yang berbeda.

Di zaman kuliah saya sangat berminat dalam pembuatan tulisan-tulisan non-fiksi/saintifik. Hampir setiap tahun saya mengikuti berbagai Lomba Karya Tulis Ilmiah di kampus. Bahkan salah satu karya tulis* yang ditulis bersama beberapa rekan kuliah menghasilkan undangan untuk menghadiri sebuah seminar internasional di Vienna pada tahun 1999, dengan topik sains & teknologi antariksa.

Saya mulai rajin menulis artikel blog beberapa tahun ke belakang. Topiknya beragam: musik, filsofi, teknologi informasi, teknologi kesehatan, sains populer, hingga politik. Entah kapan awal mulanya, tetapi yang jelas tahun lalu sebuah ide hadir di kepala: “man, you should try writing fiction.”

Well if I’m going to do it, I’m going to do it all the way. Berbagai riset mengenai teknik dan metode penulisan karya fiksi telah dipelajari. Berbagai buku penulis fiksi dibaca dan dibaca ulang. Setelah segala persiapan selama puluhan tahun, sekarang adalah saatnya pembuktian. Publikasi masih menjadi sebuah kemungkinan, tetapi saya berjanji setidaknya akan menyelesaikan sebuah buku fiksi.

Target saat ini adalah menulis 400 kata per hari. Tetapi berbagai kesibukan akibat kepindahan kerja ke kantor baru dan beberapa proyek software development di akhir tahun menyebabkan selama awal 2015 target tersebut sulit tercapai. Semoga mulai Februari dan ke depannya mampu terkejar.

*Dua buah artikel sains dengan judul “The Possibility of Chemical Evolution on Titan” dan “Human Hibernation in Long-Range Space Explorations“.

Kenapa Dituliskan dalam Artikel Blog?

Sebagai pengingat pribadi dan sebagai “hukuman” bila resolusi tersebut tidak tercapai. Dengan menuliskannya di area publik, (mungkin) akan ada yang mengamati pencapaian-pencapaian resolusi tersebut. Dan akibatnya, saya tidak bisa bermalas-malasan, sembunyi dari janji yang sudah saya buat sendiri. Tampaknya ini merupakan masalah yang menimpa semua orang dengan resolusi akhir tahun.

So, here I go.

4 thoughts on “Resolusi 2015

  1. GO OMARI GO OMARI GO! *cheerleader berjakun*
    Kalo butuh beta tester buat fiksinya, gue sign up lah om :))

Leave a Reply

