Kasihan

Tujuan pembangunan adalah peningkatan kualitas hidup seluruh warga negara. Puluhan tahun menikmati pertumbuhan ekonomi yang signifikan, banyak warga negara yang taraf hidupnya sudah meningkat. Mereka berada di level yang kini kita sebut “kelas menengah”. Sebagian lain berada strata yang jauh lebih tinggi, para pemilik modal dan penguasa negara.

Tentu saja hasil pembangunan dan pertumbuhan ekonomi ini ingin dirasakan oleh setiap lapisan masyarakat. Terutama masyarakat kelas bawah. Di negara yang jauh dari kategori welfare state ini, mereka harus mengandalkan gaji yang tidak seberapa untuk sandang, pangan, papan, kesehatan, dan pendidikan. Inflasi yang berjalan beriringan dengan pertumbuhan ekonomi membuat hal ini semakin berat.

Tetapi saat golongan yang belum cukup beruntung ini berjuang untuk peningkatan taraf hidupnya, apa yang nereka dapatkan? Mereka mendapat tendangan dari aparat milik kelas penguasa dan ancaman masa depan kelam dari para pemilik modal. Dan yang paling ironis, ditertawakan oleh kelas menengah.

Kasihan.

Advertisements

One thought on “Kasihan

  1. Nanggung amat omari, ga dijelasin alasan kenapa kelas bawah ditendang serta ditertawakan kelas Menengah? Apa yg harus diperbaiki dalam kehidupan seperti itu? Apa itu pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi? Apakah ini curhatan? E maaap 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s