Maaf Yang Sangat Mahal

Saya tidak mengerti dengan orang-orang yang menyebarkan konten di media sosial untuk menolak meminta maaf pada PKI. Memang siapa yang punya wacana meminta maaf pada PKI? Saya kok baru dengar. Jangan-jangan malahan yang pertama kali menyebar berita menolak memaafkan PKI justru pihak-pihak yang ingin mengeruhkan suasana.

Yang saya tahu, dan dukung, adalah wacana meminta maaf pada orang-orang yang hidupnya, penghidupannya, reputasi, dan kredibilitasnya dirusak serta dihancurkan secara sistematis oleh rezim Orde Baru. Mereka yang cuma anak, keponakan, atau cucu, dari orang-orang yang dicurigai anggota partai beraliran komunis. Mereka yang selama 3 dekade harus hidup sebagai warga negara kelas 2 di negaranya sendiri, hanya karena dosa orang lain.

kom14539830792_692f4f8839_o

Hanya karena ayahnya anggota sebuah partai, maka ia tidak dapat melanjutkan sekolah. Hanya karena pamannya simpatisan, ia tidak diperbolehkan mendapat pekerjaan yang layak. Hanya karena kakeknya kedapatan pernah hadir di orasi tokoh komunis, maka hak-haknya sebagai warga negara tak berlaku lagi sehingga terpaksa menjadi pelacur. Mereka yang berseberangan dengan orang-orang berkuasa, lantas dituduh & difitnah sebagai “antek komunis”, sehingga hidupnya, keluarganyam hancur berantakan. Apakah yang seperti itu adil? Apakah mereka tidak layak mendapat permintaan maaf negara?

Lalu bagaimana dengan mereka yang keluarganya menjadi korban salah satu pembantaian terbesar sepanjang abad 20. Saat 500.000 hingga 1.000.000 orang disiksa, dibunuh, dihilangkan tanpa proses pengadilan. Tanpa diketahui jelas apa kesalahannya. Tak pernah dibuktikan di pengadilan kesalahannya. Sebagian besar dari mereka harus kehilangan nyawa hanya karena kecurigaan, kebencian, dan kepicikan masyarakat. Awalnya adalah amuk massa, lalu berkembang menjadi hate crime. Tak suka pada atasan? Adukan sebagai antek. Tak suka pada tetangga? Adukan sebagai antek. Tak suka karena rasnya berbeda dan kehidupannya lebih makmur? Adukan sebagai antek. Berani melawan anak penguasa? Adukan sebagai antek. Dijamin esok hari orang-orang yang tidak disukai akan raib ditelan bumi. Bila tidak mati dibakar massa, hilang diculik aparat.

Dan negara hanya diam saja bahkan berusaha menutup-nutupi borok genosida tersebut. Lantas siapa yang harus bertanggung jawab?

genosida-di-Indonesia

Jadi tolong dibedakan dan dipahami, tidak ada yang pernah ingin meminta maaf atas perbuatan PKI. Yang ada adalah harapan permintaan maaf negara kepada mereka yang hidupnya hancur berantakan karena menjadi korban paranoia masyarakat dan aksi-aksi pelanggengan kekuasaan rezim Orde Baru.

Advertisements

2 thoughts on “Maaf Yang Sangat Mahal

  1. Tolong bedakan dengan pikiran terbuka dan tidak tendensius.
    Kalo minta maaf ke PKI, itu salah besar.
    karena PKI adalah ideologi dan organisasi yang jelas2 musuhi NKRI.
    Tapi, kalo minta maaf ke orang-orang yg difitnah sebagai PKI itu memang harus dilakukan.

    Maaf, Jangan SOK LUPA / PURA2 TIDAK TAHU,
    berapa juta pembantaian manusia oleh KOMUNISME termasuk di INDONESIA.
    Apakah KOMUNIS pernah benar2 minta maaf, mengakusi kesalahan, dan mau berjanji TIDAK AKAN MENGULANGINYA?

    • Memang ada konflik yang menyebabkan pembantaian masyarakat Indonesia oleh simpatisan PKI. Tapi kalau sampai jutaan korban seperti yang anda sebutkan, sejujurnya saya tidak tahu.
      Lalu kalau PKI dituntut minta maaf, maka siapa orang-orangnya yang harus meminta maaf? Sejauh yang saya ketahui, mereka sudah tidak ada.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s