Hari #1: Mulai

Kegiatan menulis satu artikel per hari selama bulan Juli hadir kembali. Masih dengan tagar #JuliNgeblog, masih dengan pemrakarsa setianya, teh Nita Sellya.

Terakhir saya mengikuti tantangan ini adalah tiga tahun lalu, di tahun 2013. Saat itu tulisan saya tersebar di berbagai tempat. Sebagian di blog teknis, sebagian di Tumblr, sebagian di Medium, dan sebagian lagi di sini. Untuk tahun ini saya akan fokus menulis di sini saja. Supaya lebih afdhal. *kedip*

Buat yang pernah mencoba (atau sekedar menyimak) tantangan #JuliNgeblog, mungkin yang pertama kali terbayangkan adalah “menulis apa saja setiap hari selama 31 hari?“. Sejujurnya saya juga tidak tahu apa yang akan saya tulis selama satu bulan ini. Oleh sebab itu tahun ini saya hanya akan mengikuti ombak. Follow the flow. Apa pun yang tercetus di kepala, itu yang akan saya tulis. Sepertinya akan menarik, dan mungkin akan terasa lebih pribadi. Dibanding harus menulis hal-hal serius setiap waktu seperti yang saya rencanakan 3 tahun lalu.

Lalu apakah saya menyarankan kegiatan ini kepada orang lain? Ya, tentu saja! Menulis adalah kegiatan yang sangat mulia. Menulis adalah membagi pengalaman. Menulis itu bagai pendokumentasian perasaan. Menulis juga dapat mengikat ilmu. Bahkan menulis dapat menjadi sebuah kegiatan katarsis.

So, open up your text editors. Tuliskan apa saja yang di benakmu. Tak usah memikirkan benar atau salah. Berfaedah atau tidak. Tuangkan saja dalam bentuk huruf, kata, dan paragraf. You’ll thank yourself later, believe me.

Sampai jumpa di linimasa!

17 thoughts on “Hari #1: Mulai

  1. Pingback: #JuliNgeblog Der Erste Tag | GAIBlog

  2. “Tuliskan apa saja yang di benakmu. Tak usah memikirkan benar atau salah. Berfaedah atau tidak. Tuangkan saja dalam bentuk huruf, kata, dan paragraf. You’ll thank yourself later, believe me.”

    setuju kali sama ini mas, yang penting bagaimana membiarkan jemari menari di atas hamparan huruf-huruf 😀

    *salim sama sesepuh*

  3. Hal, Mas. Salam kenal. Saya baru mudeng kegiatan ini, lho. Padahal udah ngeblgo dari tahun 2009 hahaha. Pengen deh konsisten satu satu pos. Belum kesampaian aja. Makanya sekarang kesempatan bagus buat menjawab tantangan ini. Saya beternak blog (((berternak))) dan ga tau apakah akan konsisten menulis sebulan penuh setiap hari di satu blog atau membaginya di blog lain. Sampai hari ke-6 masih nulis di blog yang sama. Sayang juga kalau blog lain jadi terabaikan. Mudah-mudahan idenya terus mengalir, nih 🙂

Leave a Reply

