Hari #2: Kenalan

Kemarin saya menyambangi blog salah seorang programmer kawakan yang saya kenal, Petra Barus. Dia juga salah satu orang yang memanas-manasi saya untuk ikut serta di kegiatan #JuliNgeblog tahun ini. Well… mission accomplished, dude.

Di pos hari pertama beliau, perhatian saya tertarik pada tulisan penutup di artikelnya. Sebuah ajakan sederhana yang maknanya sungguh dalam:

Mari kita populerkan kembali kegiatan blogwalking!

Saya senang berkunjung ke blog orang-orang. Apakah itu blog teman-teman yang saya kenal secara pribadi, ataupun blog orang-orang yang saya tidak kenal sama sekali. Tapi sejujurnya, saya bukan tipe orang yang gemar meninggalkan komentar di blog. Walau cukup aneh jika saya pikir sendiri, karena saya cukup sering menuliskan komentar di pos-pos Facebook keluaran situs-situs berita. Sering kali hal ini membuat saya terlibat perdebatan-perdebatan panas dengan orang-orang dari mancanegara. Tapi bukan itu inti artikel ini :D.

Kegiatan blogwalking bisa didefinisikan sebagai bentuk lain dari kegiatan bersosialisasi. Mengunjungi tempat curahan pikiran keluarga, teman, dan tetangga kita di internet. Mencoba untuk lebih saling mengenal atau sekedar berkenalan satu sama lain. Silaturahmi 2.o. Sebuah perilaku adiluhung yang harus kita lestarikan dan galakkan.

Oleh karenanya, selain tantangan satu artikel per hari selama bulan Juli, bagaimana kalau momen #JuliNgeblog juga kita jadikan himbauan untuk memberi satu komen per hari? Semakin kita tidak familiar dengan penulisnya, semakin baik. Mari kita jadikan kegiatan blogwalking sebagai agenda untuk berkenalan dengan sesama blogger dan penulis di dunia maya. Sehingga kiranya di akhir bulan Juli 2016 ini akan terjalin ukhuwah bloggeriyah yang makmur dan sentosa. Gemah ripah loh jinawi. Bru dijuru, bro dipanto. Amin!

22 thoughts on “Hari #2: Kenalan

  1. (((kawakan)))

    eh tp iya loh, sebelum dulu aktif di friendster,, gw malah lebih suka blogwalking buat kenal2an. apalagi yg punya pendapat beda tp masih mau diajak diskusi tukar pikiran. jadi ngebuka banyak wawasan.
    dapet banyak temen keren dari blogwalking.

  2. Salah satu yang gue suka dari #JuliNgeblog ini adalah blogwalkingnya. Tinggal cari berdasar tagar, lalu mampir 😀

  3. Saya mampir disini karena tagar #JuliNgeblog. Haha… Saya sedang coba lakukan apa yang mz tulis di atas. Berkunjung ke blog-blog baru, belajar hal baru, dapat cerita baru. Salam kenal. 😀

  4. Horeeee… bisa komen juga.

    Betul, gara2 sering memberi komentar postingan Facebook orang, tak jarang malah terseret ke dalam perdebatan yang rauwis-uwis.

    Meski begitu, setiap kali Kopdar dan kebetulan bertemu sama orang2 yang pernah aku baca blognya, akan kukomentari langsung depan orangnya :))).

    Salam kenal Mas

  5. Pingback: Menulis Kembali – Fikri Rasyid's Blog

Leave a Reply

