Hari #10: Memasak

Tak terasa liburan Idul Fitri sudah akan selesai dan kita segera kembali ke kantor masing-masing. Well, semua kecuali para asisten rumah tangga. ART di rumah baru akan kembali tanggal 18 Juli karena libur selama 2 minggu. Memberi kesempatan kepada saya untuk melatih keterampilan menjadi bapak rumah tangga yang baik.

Sebenarnya tidak terlalu ada perbedaan berarti dengan ketidakhadiran ART. Di rumah kami, ART hanya bekerja selama 4 hari seminggu. Jadi di beberapa hari saya tetap membantu-bantu di sekitar rumah. Mencuci piring, menyiapkan makan untuk keluarga, membereskan kamar, dan lain-lain. Cuma satu hal yang saya belum mampu lakukan: memasak.

Buat saya memasak adalah kegiatan yang membangkitkan rasa penasaran. Saya suka makan. Mulai dari makanan khas Nusantara, hingga berbagai sajian mancanegara. Dan rasanya menarik bila saya juga mampu memasak. Hanya selama ini sulit sekali bagi saya untuk memulai belajar. Di bayangan di dalam kepala, ada banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum memulai kegiatan masak memasak.

Untuk memasak makanan cepat saji sih tidak ada masalah. Selama saya bisa membeli bumbu instan di supermarket lalu mencampur-campur berbagai bahan tersebut di wajan, saya masih sanggup. Nasi goreng, mi goreng, pasta, mac n cheese, bukan masalah. Tetapi makanan khas kita yang kaya rempah dan menyiapkan sendiri semua bumbunya? Saya menyerah.

Jadi untuk saat ini, kegiatan saya di dapur masih terbatas di mencuci piring serta peralatan masak. Setelah melahap sajian menggugah selera hasil karya sang istri tersayang tentu saja. Tapi siapa tahu, dengan panduan video tutorial di internet serta bimbingan istri, mungkin saja nanti saya bisa menjadi the next Anthony Bourdain. Bon appetit!

Leave a Reply

