Hari #12: Smonday

Beberapa hari lalu saya mempelajari sebuah kata baru: smonday. Menurut definisi yang saya dapat di internet, smonday dapat diartikan sebagai: emosi yang kita rasakan saat hari Minggu tak lagi terasa seperti hari Minggu dan rasa gelisah akibat semakin dekatnya hari Senin mulai merasuk. Saya yakin kita semua pernah mengalaminya. Apakah dulu sewaktu masih sekolah atau saat sudah menjadi pekerja.

Kemarin adalah hari Senin pertama setelah sebuah liburan panjang. Efek smonday terasa lebih intens. Di berbagai media sosial saya melihat orang-orang menulis status tentang beratnya menghadapi hari Senin setelah berhari-hari menikmati liburan. Mulai dari yang sekedar berleha-leha di rumah hingga yang beraktivitas berkeliling tempat-tempat wisata.

Lalu seperti yang biasa kita lihat di internet, sebuah sentimen akan segera dibalas dengan antitesis-nya. Salah satu argumen standar adalah: bila kamu tidak suka hari Senin sebaiknya kamu ganti pekerjaan. Seolah-olah mengganti karir itu perkara mudah.

Kita sering mendengar peribahasa “choose a job you love, and you will never have to work a day in your life“. Bahwasanya pekerjaan tidak akan terasa berat bila kita memang mencintai pekerjaan tersebut. Kita tidak akan merasakan beban saat melakukan apa yang kita sukai sebagai karir. Dan di zaman yang mengglorifikasi kewirausahaan seperti sekarang, ungkapan tersebut sering diucapkan dalam bentuknya yang lebih padat: follow your passion. Lagi-lagi tidak semudah pengucapannya.

Jadi apa yang harus dilakukan orang-orang dengan rutinitas atau pekerjaan yang tidak terlalu mereka sukai, seperti halnya sebagian besar penduduk planet ini? Begini, yang membedakan kedewasaan dan sikap kekanak-kanakan adalah mengerjakan sesuatu bukan karena kita menyukainya, tetapi karena kita memerlukannya. Hanya sedikit orang-orang beruntung yang benar-benar dapat mengerjakan apa yang mereka sukai. So for the rest of us, we shall keep soldiering on! Smonday will always be there, but we can do it one week at a time. Semangat!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s