Dwi Warganegara

Beberapa hari ini media sosial diramaikan oleh polemik kewarganegaraan ganda Menteri ESDM terbaru, Archandra Tahar. Dan polemik tersebut masih terus bergulir bahkan setelah tadi malam beliau diberhentikan, hanya sekitar satu bulan setelah terpilih, oleh Presiden Joko Widodo.

Sebenarnya sayang sekali pak Archandra harus diberhentikan karena masalah kewarnegaraan ganda. Beliau adalah putera bangsa yang sangat bersinar. Tapi apa daya, penunjukkan beliau cacat hukum dan hukum harus ditegakkan.

Yang hendak saya soroti adalah masalah hukum dwi-warganegara. Sudah banyak saya melihat kasus,- baik secara langsung maupun tidak langsung-, saat putera-puteri terbaik bangsa tak punya pilihan selain mengabdikan karya dan ilmunya di negara lain, hanya karena negara ini tidak mau segera mengesahkan undang-undang kewarganegaraan ganda. Bisa dibilang hal ini adalah salah satu penyebab terus terjadinya brain drain dari negeri kita.

Di era global seperti saat ini, sudah saatnya bagi pemerintah mengkaji ulang hukum yang terkait dengan masalah tersebut. Sekarang sudah bukan zamannya negara bersikap posesif. Sekarang bakat dan kemampuan mampu melintasi samudera dan benua. Jangan sampai putera-puteri terbaik bangsa ini tidak punya tempat untuk pulang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s