Diskusi Dengan Kelompok “Flat Earth” Indonesia

Kemarin saya berkesempatan bergabung (“dimasukkan” lebih tepatnya*) ke sebuah closed group di Facebook yang berisi orang-orang Indonesia yang mendukung paham Flat Earth. Apa itu Flat Earth rasanya tidak perlu saya jelaskan lagi. Sudah banyak artikel yang membahas fenomena global ini. Dan tentu saja sebagai orang yang selalu ingin tahu saya pun segera menulis sebuah post yang cukup panjang di sana. Artikel ini adalah gabungan post saya dan reply dari anggota kelompok tersebut.

Update:yang memasukkan juga sudah di-kick.

 

start

Halo teman-teman, saya baru tahu sedikit soal konsep FE. Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan ke suhu-suhu di sini.

Dalam argumennya, penganut Flat Earth (FE) selalu mempertanyakan konsep-konsep sains. Agar seimbang saya juga ingin bertanya kepada para penganut FE. Mohon tidak dijawab dengan pertanyaan lain atau rujukan ya. Sebuah konsep yang solid & jelas dapat diterangkan dengan beberapa kalimat, paling banyak satu paragraf.

Pertanyaannya adalah sebagai berikut.

A. Konsep

  1. Apakah pemahaman anda termasuk sains baru atau agama baru*? Bila agama, diskusi dapat dihentikan di sini dan kita sepakat bahwa FE adalah sebuah agama.
  2. Bila sains, maka semua pemahaman di dalamnya dapat diterangkan dengan konsep, teori, dan eksperimen yang logis, runut, dan koheren. Maka seharusnya tidak akan mengalami kesulitan pertanyaan-pertanyaan di bawah ini. Apakah ini disetujui? Bila tidak, diskusi dapat dihentikan di sini dan kita sepakat bahwa FE bukan sains.
  3. Bila pertanyaan dijawab dengan menyajikan dogma yang harus diterima tanpa dapat dipertanyakan, maka kita setuju untuk kembali ke pertanyaan no 1. Apakah ini disetujui? Bila tidak, diskusi dapat dihentikan di sini karena saya melihat tidak ada kredibilitas bagi pihak FE untuk mempertahankan argumennya sebagai bagian dari sains.

*Pertanyaan ini dibuat dikarenakan penjelasan-penjelasan kelompok FE tidak dapat dibuktikan dengan data empiris & eksperimen, cenderung dogmatis dan harus diterima begitu saja. Ini adalah ciri sebuah agama, bukan ilmu pengetahuan.

B. Awal

  1. Bagaimana semesta menurut FE tercipta?
  2. Berapa umur alam semestanya?
  3. Bagaimana kejadian bintang, planet, dan asteroid?
  4. Apa yang menyebabkan matahari mengeluarkan radiasi?
  5. Bagaimana matahari dan bulan FE bergerak?

C. Bumi

  1. Berapa umur Bumi FE?
  2. Bagaimana Bumi terbentuk?
  3. Bagaimana terjadinya gas alam dan minyak bumi?
  4. Bagaimana atmosfer terbentuk?
  5. Bagaimana gempa bumi dan volkano terbentuk?
  6. Bagaimana arus laut terjadi?
  7. Apa yang menyebabkan terjadinya cuaca?
  8. Apa yang menahan atmosfer?
  9. Apa penyebab 4 musim di hemisfer utara dan selatan, dan 2 musim di katulistiwa?

D. Alam Flat Earth

  1. Mengapa kita tidak dapat melayang bebas di udara?
  2. Apa yang menyebabkan kita bergerak ke depan saat kendaraan mengerem?
  3. Siapa yang membuat kubah yang menutupi FE?
  4. Terbuat dari apa kubah ini?
  5. Bagaimana cara kerja kubah ini?
  6. Apakah benda langit FE ada di dalam kubah, pada kubah (embedded), atau di luarnya?
  7. Bagaimana Flat Earth menjaga keseimbangannya?
  8. Apa yang menyebabkan benda jatuh?
  9. Apa yang menyebabkan air mengalir ke bawah?
  10. Bila sebuah pemancar laser di atas Everest ditembakkan ke arah Kutub Selatan, apakah sinarnya dapat dideteksi?
  11. Apa yang menyebabkan siklus bulan?
  12. Apa yang menyebabkan pasang surut air laut?
  13. Apa yang menggerakkan matahari dan bulan?
  14. Mengapa beberapa bintang & konstelasi cuma dapat dilihat di hemisfer tertentu?

E. Konspirasi Globe Earth

  1. Sudah berapa lama konspirasi berlangsung?
  2. Apa tujuannya?
  3. Siapa yang memulainya?
  4. Bagaimana seseorang bergabung sukarela dengan konspirasi?
  5. Bagaimana seseorang di luar konspirasi dipaksa menjadi bagian?
  6. Siapa yang membiayainya?

Dalam diskusi, para anggota kelompok FE meminta saya menyaksikan video-video doktrin FE yang ada di YouTube. Berikut adalah pertanyaan tambahan yang saya dapat setelah menyaksikannya:

F. Video Doktrin FE

F. 1. Video Ep. 1

  1. Bagaimana cara kerja kompas di FE?
  2. Apa buktinya penerbangan dari Santiago ke Sydney lebih baik melewati Antartika?
  3. Menurut FE kenapa matahari tidak tenggelam di Kutub Utara?
  4. Gaya apa yang menyebabkan matahari bergerak lambat saat di Utara dan sangat cepat di Selatan? Dan fluktuasi ini berulang dalam satu tahun dan diulang di tahun-tahun berikutnya. (Menurut peta FE jalur Selatan lebih jauh, tapi matahari tetap bergerak dalam siklus yang sama, 24 jam. Berarti di Selatan Matahari FE bergerak lebih cepat)
  5. Keberadaan makhluk hidup juga one of the most improbable coincidence di alam semesta. Apakah penganut FE mempercayai keberadaannya sendiri?
  6. Jarak objek luar angkasa sudah dibuktikan sains modern dengan gelombang radio. Apakah FE percaya dengan konsep gelombang radio?
  7. Mengenai kutipan tentang Big Lie, bukankah ini sama saja bila diterapkan pada kebohongan FE?
  8. Apakah anda bisa membuktikan bahwa satelit tidak mengirimkan data pada pemancar di Bumi?
  9. Ledakan nuklir menghasilkan radiasi. Kemana perginya radiasi bom nuklir yang ditembakkan ke kubah selama 4 tahun dengan kekuatan ribuan kali lipat bom atom di Hiroshima?
  10. Apakah FE percaya bahwa manuver pesawat dapat menghasilkan efek gravitasi 0?
  11. Menurut FE, kualitas hidup masyarakat saat ini dibanding masyarakat 2-3 abad lalu, apakah lebih baik atau lebih buruk?
  12. Saya sudah belasan tahun membaca puluhan buku sains. Apakah semua buku tadi salah? Apakah semua pengarangnya anggota konspirasi? Apakah semua sekolah tempat para penulis ini sekolah dan mengajar adalah anggota konspirasi? Apakah guru-guru mereka juga anggota konspirasi?
  13. Saat saya berusia 22 tahun, saya diundang United Nations (PBB) ke Eropa untuk konferensi Space Youth Forum karena tulisan ilmiah saya seputar eksplorasi ruang angkasa. Apakah mungkin ini bagian dari proses rekrutmen konspirasi global?
  14. Foto yang akan anda percaya sebagai CGI itu kalau sudah termasuk syarat apa saja?
  15. Beberapa tahun lalu seorang hacker kenamaan Indonesia berhasil meretas, berkomunikasi, dan mengubah jalur sebuah satelit. Bila satelit tidak ada, apa yang sebenarnya ia retas (hack)?
  16. Satelit cuma berukuran beberapa meter kubik, berjarak ratusan kilometer di angkasa, bergerak dengan kecepatan puluhan ribu kilometer per jam. Menurut anda bagaimana caranya agar satelit dapat difoto?

Jawaban

(Verbatim)

Per tanggal 14 Januari 2017

“Awal penciptaan bumi d ciptkan Allah bgtu mulia bersama langit matari bulan dll, bukan dgn cara kebetulan,”

“bintang 2 adalah sebagai atap di langit,,jadi ukuran Bintan bulan matahari tidaklah lebih besar dari bumi,,ini secara garis besar,,”

“kami meyakini bumi ini adalah pusat alam semesta,matahari dan bulan itu berjalan mengelilingi bumi”

“Menyiapkan jalan utk Al-Masih Ad-Dajjal” (mengenai tujuan konspirasi Globe Earth)

“‘Unsur Api Lebih Mulia Dr Tanah’ Dia yg memulai duluan” (mengenai cara bergabung di konspirasi GE)

“// HISTORI & BELIEF ( Argumen No.1).
Peradaban dalam sejarah dunia hanya memfokuskan pada bangkitnya renaissance II. Yang dimana Medici’s family sangat berperan dalam membuat mereka terkenal selain copernicus.
LV da Vinci, Michaelangelo, Rafael dkk. Permasalah sejarah yang ‘pilih kasih’ terhadap beberapa histori jaman itulah akar permasalahan kita yang sampai kemarin-kemarin masih mempercayai bumi itu bulat.
‘Mind control’, sedari kecil kita diajarkan untuk A+A=3 dan semua sains yang berasal dari barat itu adalah sempurna (tanpa celah).

“Jauh sebelum Copernicus lahir dengan helios. Claudius Ptoleamy sudah jauh lebih duluan ada dan DIPERCAYA selama 1300 tahun oleh peradaban. Ptoleamy adalah ilmuwan mesir, yang berkebangsaan Romawi (karena saat itu Mesir kuno adalah jajahan kekuasaan Romawi.) Ptoleamy bukan orang bodoh, ia hadir dengan 3 jurnal hebatnya selain the almagest (konsep geosentris). Konsep yang ia gunakan ‘Theon the mathematician’.) Sampai sini dulu.

“Pertanyaannya memang berbau sedikit konspirasi, dan berbau sedikit politis: Kenapa Ptoleamy tidak pernah diajarkan di bangku sekolah sejak kita kecil? Nah. Semenjak Crusade War, histori bukanlah lagi sesuatu yang VALID. Banyak penyimpangan-penyimpangan yang dilakukan kaum gereja Roman saat itu. Ketika dunia sains dan peradaban ‘sudah bagus’ disaat itu. (Maaf bagi yang Katolik terutama, no offense, banyak ‘hal’ yang tertutupi. U know lah pasti. Peace).

“Banyak yang beranggapan: orang di era sebelum terkenalnya Renaissance part 2, itu adalah peradaban yang ‘kuno’. Konotasi ‘kuno’ ini digunakan seakan-akan benar – benar kuno. Saya dulu di awal berpikir sama, sains modernlah yang membuat semua kita bisa seperti ini. Tapi sayangnya salah. Banyak yang ‘disembunyikan’ dari cerita sejarah Babilonia kuno, Sumeria, Mesir kuno sampai Cina. Di mana pertama kalinya sistem formal astronomi itu bermulai? Yunani? Salah! Tapi di antara tempat yang di atas saya sebut itu: Babylon, Arab kuno, Cina, Mesir dan India. Dan Babilonia lah satu di antara peradaban yang palin ;progressif diantara peradaban lainnya. Formal systems of astronomical knowledge were early established by the Chinese, Indians, Egyptians, and Babylonians.The Babylonians alone, among the nations of the fore-time, succeeded in laying the foundations of a progressive science. (Catholic Encyclopedia, New Advent). Sampai sini dulu kita, rapihkan alurnya.”

Per tanggal 15 Januari 2017

Catatan: Di tanggal ini saya sudah ditendang (kicked) keluar dari grup dan di-ban dari grup tersebut*. Sayang sekali, untuk komunitas yang mengaku-ngaku saintifik mereka bertindak berlawanan 180 derajat, yaitu bersikap anti-kritik. Membuktikan prasangka saya bahwa mereka tidak memiliki semangat mencari kebenaran yang menjadi inti sains dan ilmu pengetahuan. Cuma sekelompok orang paranoid.

Update: per tanggal 15 Januari saya sudah di-kick dua grup yang berbeda. So much for scientific liberty.

Berikut adalah jawaban terakhir yang sempat disimpan.

“Di dunia medis ada istilah Ilmu kedokteran Timur dan Ilmu Kedokteran Barat. Dulu Ilmu kedokteran Timur (seperti akupuntur, pijat refleksi, moksabusi, bekam dll) dipandang sebelah mata dan dianggap klenik, hoax oleh masyarakat ilmu kedokteran barat. Namun lambat laun akhirnya mata mereka terbuka seiring dgn semakin majunya ilmu pengetahuan yg dapat menyingkap apa yg terkandung dalam ilmu kedokteran timur. Begitu pula FE, mungkin skrg dianggap hoax, fraud, non mainstream science atau apalah namanya, tp saya optimis suatu ketika semua orang bisa menerima dan memahaminya :-)”

“// MEDIS (Copas mba Najwa Az Zahra pakai sub topik ‘MEDIS’)

Di dunia medis ada istilah Ilmu kedokteran Timur dan Ilmu Kedokteran Barat. Dulu Ilmu kedokteran Timur (seperti akupuntur, pijat refleksi, moksabusi, bekam dll) dipandang sebelah mata dan dianggap klenik, hoax oleh masyarakat ilmu kedokteran barat. Namun lambat laun akhirnya mata mereka terbuka seiring dgn semakin majunya ilmu pengetahuan yg dapat menyingkap apa yg terkandung dalam ilmu kedokteran timur.

“Begitu pula FE, mungkin skrg dianggap hoax, fraud, non mainstream science atau apalah namanya, tp saya optimis suatu ketika semua orang bisa menerima dan memahaminya”

“(Pribadi) 28. Konstelasi Bintang hanya terlihat di ‘Hemisphere’ tertentu ~ Karena mata kita dlm kondisi kepayahan ‘fatigued’ . Keterbatasan sudut pandang Field Of View FOV, dan daya jangkau sensitifitas. Istilah kerennya Anti Crepuscular.” (Pertanyaan D.12)

“(Pribadi) 27. Penyebab siklus bulan ~ Oscillation,  keluar dan masuknya Object Bulan ke AREA siang hari. Kl secara agama ini bentuk ketundukan ber oscilasi, bergetar, bertawaf, berdzikir pd Pencipta.” (Pertanyaan D.11)

“(Pribadi jg deh.. kl salah ya emang sy yg salah) 26. “Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation”

“sinar yg dikuatkan agar memancar tidak mudah buyar di titik ujungnya. Dipasang di puncak Everest ditembak ke Kutub selatan apakah nyampai..? jawabanya mesti dihitung. Simplenya terdeteksi (kt GE aja ngukur bulan pk laser bisa tuh) tp ada masalah cuaca lebih sulit di ketinggian Everest, vs nembak ke arah atas. Mbalik lagi mesti dihitung berapa Amplification nya, refraksinya, suhu udara, dst dst.. Transmit Receive mesti klop dB nya.

“O iya Jari2 bumi itu sedikit beda GE ma FE. GE jelas antara titik pusat bumi ke khatulistiwa, dan sesungguhnya garis khatulistiwa itu imajiner, hasil dari jarak titik balik utara dan selatan matahari dibagi 2. Simple banget. 2 tempat terbenam dan 2 tempat terbit matahari. Munculah angka 23 1/2 derajat.  Yg dianggap miring buminya. Okelah to the point sy belum menemukan kepastian jari2 bumi ke kutub selatan versi FE, bcz sedikit terkait relatifitas waktu. Nah sebelum ngitung LASER ini mesti diketahui dulu. #” (Pertanyaan D.10)

“TEORY FE = SINKRON SAMA AGAMA.. .. !!!”

“Ini seakan2 FE harus sudah bisa menjelaskan semuanya, padahal FE terlambat kurang lbih 500 tahun untuk di kembangkan.. terlalu naif kalo FE harus bisa menjelaskan segala sesuatunya.”

“Aku yg menentang, tentang gaya magnetik yg membuat bumi dan matahari tidak jatuh dan berputar, aku yg membantah tentang gerhana matahari menurut fe, ketika aku memberi penjelasan mereka mau menerimanya, dan aku tidak di kick seperti kamu, kita ini rakyat biasa, FE bukan kelompok yg di bayar untuk meneliti dan menjawab semua pertanyaanmu, ge dan fe hanya asumsi dan teori, apa anda yakin dengan gravitasi, apa itu gravitasi?  Bgmn cara kerjanya?  Mengapa matahari,bulan dan bintang2 tidak di tarik ke dalam bumi, seberapa besar kekuatan gravitasi bumi, benda apa saja yg tidak bisa di tarik oleh gravitasi, terbuat dari apa bulan dan matahari, kenapa ada bulan di siang hari, kenapa saat gerhana matahari bulan sdh terlihat lagi, padahal bulan sering kita lihat di siang hari, bgmn cara mengukur jarak bulan dan matahari, siapa yg memfoto galaksi bima sakti sdgkn menurut nasa mereka sdh tidak mampu sampai di pluto?  Masih banyak yg ingin saya tanyakan, apakah anda bersedia menjawabnya? Jika anda tidak menjawabnya maka tidak perlu di lanjutkan dan saya akan mencap anda org yg bermulut besar”

new

Addendum

  1. Saya sangat terbuka apabila ada anggota kelompok Flat Earth yang bersedia meluangkan waktu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang saya ajukan ke komunitas FE melalui kolom komentar artikel ini. Semua jawaban yang sifatnya berhubungan dengan pertanyaan di atas pasti akan saya publish.
  2. Saya mendengar kalau kelompok ini mengiriman surat terbuka yang berisi berbagai sanggahan kepada LAPAN. Saya pribadi berharap LAPAN tidak menanggapi. They don’t deserve it.

 

 

Advertisements

12 thoughts on “Diskusi Dengan Kelompok “Flat Earth” Indonesia

  1. Gak nyangka mau luangin waktu sama manusia datar. BTW, 3 poin argumen di awal mungkin bakal bikin mereka mikir berkali-kali mengenai kepercayaannya. Semoga mereka mendapatkan hidayah yang bulat sempurna.

  2. Kita pindah ke Medium.com/indonesian-flat-earth aja gan. Di WP UI/UX nya gak seenak di Medium.
    Tampaknya anda salah memahami konsep FE. Seperti yang selalu diawal kita sepakati ‘Pahami dulu kesalahan FRAUD dari konsep GE’.

    Baru kita memahami konsep FE. Kita tidak butuh pengakuan, kita butuh pembuktian dari status quo bilang apa terhadap sains.

    Berikan kami foto satelit 1 non CGI yang selain ISS (Hufh, ISS).
    Jangan menyiapkan pertanyaan segambreng dulu tentang FE. Semua itu sudah terjawab (kita sudah mempelajarinya), cuma permasalahannya, ego dari kaum status quo GE-lah yang menganggap remeh FE.

    Logika sederhana, saintifik:

    “Kalau BRIsat punya ratusan miliar untuk sebuah produksi satelit. Apakah anda semua yang mempercayai adanya BRISat itu sudah punya foto – realtime BRISat?”

    “Apakah kalian pernah berhitung, secara lapisan thermosfer itu berapa celsius di atas? dan bagaimana sistem aerodinamika + propulsi dari satelit? mereka tidak mempunyai propulsi yang ‘logic’ untuk bisa berputar-putar di orbit”

    “LOGISkah? menghabiskan ratusan milliar untuk memproduksi dan menerbangkan satelit, tapi TIDAK PERNAH mengirimkan video realtime dan menggerakan camera controller ketika di angkasa sana?”

    Terakhir.

    Liat ulang launching satelit BRISat gan, baru komen.

    Permasalahannya GE adalah, keburu menjustifikasi FE itu tidak sainfitik KETIKA mereka tidak pernah mencari tahu apa yang diajarkan status quo itu SEPERTI APA dan BAGAIMANA?

    Coba gan main kemari kalau mau ‘saintifik’ dan ilmiah. Bagaimana manusia di luar angkasa, dan roket itu secara ilmiah itu tidaklah mungkin.

    http://heiwaco.tripod.com/moontravel.htm

    (Klik dan baca dulu, baru komen. Itu yang bahas bukan pengangguran, bukan ABG, juga bukan orang yang kredibel. Itulah permasalahan status-quo gan, ente keburu mempercayai yang mainstream infokan tanpa mericek dan double cek APA yang MEREKA SAMPAIKAN dan KATAKAN ternyata banyak ‘anomali’ hehe).

    Yuhuuuu

  3. Beberapa kali sate elite dilucurkan, selalu mengarah melengkung. Sedangkan percobaan roket yg tegak lurus tidak dapat menembus kubah bumi. Aneh bin ajaib, saat jauh dan tidak tertangkap lagi oleh camera media, digantikan oleh kartoon 2D. Bahkan beberapa roket yg coba diluncurkan harus berakhir meledak dikubah bumi.
    Hanya butuh 1 bukti , saat anda telescope sate elite dilubang parabola yg katanya menangkap sinyal dari sate elite, harusnya Palapa tertangkap telescope tersebut. Faktanya belum ada.

  4. Yang sabar ya mas..maafkan sodara2nya di FE yg main tendang krn mas berbeda dgn mrka. Tp kasus smpeyan +- = saya, hny sj saya FE (disini kita berlawanan). Kl blm..sy sarankn Anda lihat dulu video eksperimen lengkung bumi di yout… sy yakin bnyk orang barat yg sdh unggah scr sndiri2 (maklumlah..mrka bnyk duit n pnya wktu utk eksperimen itu). Bnyknya kok hal saintifik di kepala kita saat ini yg juga sulit dibuktikan. Misalnya ttg hkm Newton di benda diam dmn resultan gaya harus nol. Sementara katanya bumi kita berotasi 1600km/j. Blm lg masalah eksperimen di sungai datar yg menihilkan kemunkinan bumi punya lengkung. FE mmg bkn agama baru..sayangnya, jika mas muslim hrs brfikir gak selesai2 ttg posisi baitul makmur. Sy jg brpesan jgn jadikn ajang beda FE n GE sbg alasan berjauhan. Gak usah ikut2an bodoh dn memaksa orang mengakui kebenaran kita. Keep searching… apapun yg bukan agama, bisa kita pertanyakan ulang. KHUSUSNYA ke diri kita sendiri

  5. Keren mas blognya,,, pertanyaannya seabrek gitu ya… sebelum saya jawabsaya akan menganggap bahwa anda beragama islam. Karena saya muskim, maka saya sangat percaya dengan Alquran, diterangkan disana proses terjadinya bumi dan langit serta matahari dan bulan.

    Saya coba jelaskan menurut pandangan saya mengenai FE

    1.Di alquran dijelaskan bahwa bumi ini dihamparkan, kata dihamparkan bagi kaum FE yakin bahwa bumi ini datar.

    2. ARAH KIBLAT, jika bumi bulat, maka arah kiblat diluruskan menjadi ke arah langit, dan sebenarnya bisa ke berbagai arah karena bumi nya bulan (menurut GE) tapi buktinya engga. Negara, daerah atau tempat yang tepat dibawah kabah, harusnya bisa ke berbagai arah kiblatnya, tapi nyatanya engga. Yang paling logis adalah jika buminya datar. Maka kiblatnya jelas.

    3. Ada ayat di alquran dijelaskan bahwa matahari dan bulan berjalan pada garis edarnya. Kalimat matahari dan bulan disetarakan, secara di alquran itu semua jenis benda sangat detail, misal orang beriman cowo, beriman cewe itu semua dibedakan dan tidak disandingkan jika tidak 1 level. Nah matahari dan bulan disama ratakan, kaum FE mempercayai bahwa matahari dan bulan adalah sama bentuk namun beda fungsi.

    4. Matahari tenggelam, menurut GE karena bumi berotasi. Tapi coba perhatIkan di pantai atau didataran yang rata sedang cerah dan cukup banyak awan tapi ga mendung. Lihat awannya, semakin jauh, maka semakin mendekati garis horizontal. Begitu juga dengan matahari FE. Dia semakin menjauh, sehingga terkihat tenggela. Coba praktekan di jalan tol yang lurus.

    Mobil anda sedan misal, didepan Mobil anda ada sedan lagi nah depan sedan depan anda ada truck atau apalah yang lebih tinggi. Suruh maju itu trus menjauhin sedan depan anda, apakah truscknya akan terlihat terus? Saya yakin tidak. Ksrena ujung belakang truck akan terlihat tenggelam pada mobil sedan depan anda?

    Segitu dulipu kali ya, cape uy ngetiknya…..

    • 1. Yang dimaksud dihamparkan adalah plat tektonik. Silakan dipelajari apa itu plat tektonik dan kenapa mirip dengan permadani.

      2. Bila saya terbang dari Jakarta ke Jedah pesawatnya akan mengikuti kontur Bumi, tidak malah “lurus ke arah langit”. Dan terbangnya tidak ke berbagai arah, tapi arah terdekat.

      3. Matahari punya orbit.

      4. Dalam konsep FE, matahari akan terlihat mengecil di atas langit, dari besar dan menjadi titik. Bukan tenggelam di horison.

  6. Berikut adalah “gugatan” salah satu pengedar paham FE yang baru saja masuk di Facebook oleh user Ierha Lownly (yup, that’s the user’s real name). Akan saya coba jawab-jawab satu-persatu dalam waktu dekat.

    “1. Kebohongan Jarak, Diameter, dan Kecepatan Matahari-Bulan
    Jarak dan volume alam semesta —> Asumsi jarak dan volume galaksi —> Asumsi jarak dan volume bintang-bintang —> Stellar Parallax dan/atau Indikasi terangnya cahaya bintang —> Satuan AU (Jarak Matahari-Bumi) —> Jarak Bulan : Cos sudut “bayangan Bumi” pada Bulan —> Jarak Bulan —> Asumsi gerhana 3 jam “teng”, Asumsi satu bulan 30 hari (bukan 31, 29, atau 28), Asumsi bayangan bumi hanya 3/4 bagian Bumi, dan Asumsi BUMI DIANGGAP DIAM TAK BEROTASI.
    Asumsi terakhir sebenarnya sudah menohok pas di jantung teori Heliosentris. Belum lagi saat menghitung diameter Matahari-Bulan, yakni menggunakan asumsi BULAN DIAM TAK BEREVOLUSI MENGELILINGI BUMI. Dua asumsi ini adalah akar dari kebohongan fokus gugatan pertama.
    2. Kebohongan Konsep Gravitasi dan Lengkungan Bumi
    A. Kosmologi Gravitasi —> Asumsi Bumi adalah bola besar berjari-jari 6.371 km dan keliling sekitar 40.000 km—> Jarak Sienna Alexandria sekitar 800 km —> Jarak Sienna-Alexandria adalah 7,2/360 alias 1/50 keliling bumi —> Di Sienna, sinar matahari tidak membentuk bayangan. Di Alexandria, sinar matahari membentuk bayangan dengan sudut 7,2 derajat —> Asumsi SINAR MATAHARI PARALEL.
    B. Kosmologi Gravitasi —> Asumsi Bumi adalah bola besar berjari-jari 6.371 km dan keliling sekitar 40.000 km —> Seharusnya lengkung 20,33 cm tiap 1 mil —> Air di seluruh Bumi harus mengalir naik melewati lengkungan Bumi —> Masalahnya, SIFAT AIR SELALU DATAR DAN MENGALIR MENUJU PERMUKAAN YANG LEBIH RENDAH.
    Kebohongan konsep Gravitasi lewat konsep Lengkungan Bumi dapat diketahui lewat 2 cara, yakni melalui SIFAT DASAR AIR dan ARAH PANCARAN SINAR MATAHARI. Untuk kosmologi Gravitasinya sendiri bisa dibuktikan kebohongannya melalui hal-hal berikut:
    – BENDA-BENDA BERMASSA JENIS KECIL SEPERTI BALON, ASAP, DAN AWAN TIDAK PERNAH JATUH MENUJU PERMUKAAN BUMI
    – BAGAIMANA CARA NEWTON MEMBUAT KONSEP DAN RUMUS GRAVITASI
    – PASANG SURUT AIR LAUT, YANG KATANYA DIPENGARUHI GRAVITASI BULAN (bahkan Newton sendiri mengatakan bahwa pasang surut air laut adalah batu sandungan bagi teorinya)
    3. Kebohongan Antartika
    Untuk kebohongan Antartika dapat dibuktikan melalui hal-hal berikut:
    – PERKATAAN ADMIRAL BYRD TENTANG ‘THE AREA BEYOND THE SOUTH POLE’
    – CATATAN PELAYARAN KAPTEN JAMES COOK DAN CLARK ROSS
    – PETA BERUMUR 1000 TAHUN DI LIBRARY OF CONGRESS
    – MENGAPA PENANDATANGAN ANTARCTIC TREATY HANYA 12 NEGARA DAN DITEMPATKAN PASUKAN MILITER DI SEKITAR TEMBOK ANTARTIKA??”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s