Laporan Debat 1 Pilkada DKI-1

Di debat Pilkada DKI tadi malam, saya melihat petahana seperti tidak terlalu bersemangat. Konsep yang ditawarkan masih tidak jauh dari infrastruktur dan melanjutkan program yang sudah ada. Tidak terlihat ada semangat untuk merangkul swing voter. Di mata saya sikapnya terlalu complacent. Apakah karena rasa percaya diri yang berlebihan? Saya tidak tahu.

Pesaing terkuatnya, Anies-Sandi juga tidak lebih baik. Terlalu banyak menggunakan bahasa kelas akademisi, dengan konsep-konsep tinggi dan bertabur jargon. Tujuannya membuat Jakarta lebih bermoral menurut saya pribadi hanya menarik bagi sebagian kecil segmen pemilih. Pemilih butuh solusi yang tangible. Pemilih butuh kail, lebih baik kalau ikannya langsung. Bukan empang.

Nah ini yang menarik. AHY, calon yang paling tidak diperhitungkan menggunakan strategi yang paling jelas. Terlihat betapa di belakangnya berdiri politisi-politisi senior licin yang tahu bagaimana mengambil hati pemilih. Memang, gaya bicaranya seperti siswa sekolah yang disuruh ke depan kelas oleh guru untuk melafalkan hafalan. Tetapi yang dia lafalkan adalah apa yang ingin didengar pemilih.

Mirip dengan Trump dulu. Ditertawakan orang-orang, kemampuan debatnya memalukan. Tetapi omongannya menancap di hati banyak pemilih. Pemilih yang merasa tersisihkan dalam hiruk pikuk politik. Pemilih yang merasa tak punya suara. Pemilih yang merasa tertinggal dari rekan-rekannya yang lebih sukses dan berpendidikan. Dan jumlah yang seperti ini tidak sedikit. Kalau Ahok, dan terutama Anies, tidak hati-hati, Agus bisa dengan mudah mengambil alih posisi mereka di klasemen sementara.

Saya tidak ada kepentingan langsung di Pilkada DKI. Wong KTP saya, KTP Bandung. Domisili pun bahkan tidak di tanah air tercinta. Ini sekedar rangkuman debat tadi malam dari kacamata saya.

Good luck, warga Ibukota.

Leave a Reply

